Benjolan Di Leher Disebabkan TBC Kelenjar

Benjolan Di Leher Disebabkan TBC Kelenjar – Membahas tentang benjolan memang seolah tiada habisnya. Mulai dari penyebab, gejala, komplikasi serta hal lainnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang benjolan di leher disebabkan TBC kelenjar.

Benjolan Di Leher Disebabkan TBC KelenjarApakah mungkin TBC menyebabkan munculnya benjolan di leher ? Penyakit YBC tidak hanya menyerang paru saja, tetapi organ tubuh lainnya juga dapat terserang TBC sepeti tulang, kelenjar dll. Penyebab benjolan di leher belakang juga bisa terjadi akibat tbc kelenjar, tetapi tidak semua disebabkan oleh tbc kelenjar.

Baca Juga : Penyebab Benjolan Di Leher Yang Perlu Di Waspadai

TBC kelenjar ialah suatu infeksi yang terjadi pada sistem kelenjar getah bening, yang mana disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis ( MTB ), yaitu bakteri yang sama yang menyebabkan masalah tuberculosis paru.

Pada anak-anak, tuberculosis lymphadenitis ( TBC Kelenjar ) ini kebanyakan disebabkan oleh bakteri mycobacterium atipikal. Dan baik pada pria maupun wanita, anak atau dewasa, tbc kelenjar ini dapat terjadi, terutama mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga : Benjolan Di Leher Karena Tiroid

TBC kelenjar ini merupakan jenis Tuberculosis Extrapulmonary atau TB di luar paru. Selain pada kelenjar getah bening, TB di luar paru ini juga dapat terjadi pada selaput otak, tulang, ginjal, saluran kencing, atau bagian tubuh lainnya.

Munculnya benjolan di leher disebabkan TBC kelenjar ini dapat kita simpulkan bahwa di leher merupakan salah satu tempat kelenjar getah bening berada, sehingga ketika terinfeksi oleh bakteri penyebab TB, kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan atau membentuk benjolan.

Berikut beberapa gejala tbc kelenjar yang perlu anda waspadai, diantaraya :

  • Benjolan di leher terus membesar seiring berjalannya waktu meski tidak terasa sakit
  • Benjolan biasanya kenyal, tidak sakit dan kadang saling melekat satu sama lain.
  • Berat badan
  • Tubuh terasa tidak nyaman
  • Demam, dan menggigil.

Jika anda mendapati gejala seperti diatas, sebaiknya segera memeriksakan diri anda ke dokter. Dan anda juga dapat mencoba cara mengobati benjolan di leher disebabkan TBC kelenjar dengan bantuan herbal AGARICPRO.

Semoga informasi tentang benjolan di leher disebabkan oleh tbc kelenjar ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *