Perbedaan Benjolan Kelenjar Getah Bening Dan Tiroid

Perbedaan Benjolan Kelenjar Getah Bening Dan TiroidMembedakan benjolan dileher terbilang sulit sebab ada beberapa penyebab benjolan dileher contoh paling umum yaitu kelenjar getah bening dan kelenjar tiroid.

Benjolan dileher akibat getah bening terjadi akibat adanya infeksi bakteri atau virus akibat kondisi suatu penyakit tertentu seperti radang tenggorokan, infeksi telinga, tbc. Sedangkan benjolan kelenjar tiroid terjadi karena kekurangan yodium, pertumbuhan jaringan tiroid yang berlebihan, dan kanker tiroid. Umumnya kedua benjolan tersebut dapat mengecil atau kembali ke bentuk semula setelah penyakit yang mengakibatkan benjolan tersebut sudah selesai atau sembuh.

 

Benjolan Kelenjar Getah Bening Dan Tiroid

Perbedaan Benjolan Kelenjar Getah Bening Dan Tiroid

Untuk dapat membedakan benjolan karena getah bening dan tiroid keduanya dibutuhkan pemeriksaan secara langsung. pemeriksaan dengan dilihat langsung atau diraba, bisa juga dengan menggunakan stetoskop. Ada berbagai aspek yang dapat dilihat dan dirasakan untuk membedakan benjolan dileher karena tiroid dan kelenjar getah bening yaitu :

  1. Letak Benjolan.
    Benjolan yang diakibatkan oleh kelenjar tiroid terletak dibagian tengah seperti pada jakun priaentuknya kecil dan tidak terasa jika disentuh karena letaknya yang berada di dalam jaringan tiroid atau terletak sangat dalam di kelenjar. Sedangkan benjolan akibat kelenjar getah bening terletak disisi kanan atau kiri leher jika diraba akan terasa dan dapat dilihat.
  2. Gejala yang ditimbulkan.
    Benjolan akibat tiroid umumnya tidak menimbulkan gejala dan akan menimbulkan gejal apabila ukurannya sudah membesar seperti adanya keringat berlebih, penurunan berat badan, dan menimbulkan detak jantung yang tidak beraturan seperti biasanya. Sedangkan benjolan akibat kelenjar getah bening menimbulkan gejala seperti nyeri apabila kita sentuh, terjadinya pembengkakan  pada bagian ketiak, lipatan paha, dan dagu.

Ciri khas yang dapat kita lihat dari benjolan akibat kelenjar tiroid yaitu kelenjar tiroid pada saat pasien diminta untuk menelan hal ini terjadi karena kelenjar tiroid menempel pada tulang rawan yang berfungsi untuk menelan. Jika anda memiliki gejala yang sama dengan gejala diatas sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter lebih terpercaya dan supaya anda melakukan penanganan atau pengobatan benjolan dileher yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *