Resiko Operasi Benjolan Di Leher

Resiko Operasi Benjolan Di LeherOperasi memang merupakan jalan terbaik untuk mengatasi tumor, namun perlu operasi juga menimbulkan resiko. Resiko apa saja yang akan terjadi setelah operasi tumor?untuk lebih jelasnya, mari kita simar informasi dibawah ini.

Kelenjar getah bening yang membesar merupakan salah satu penyebab dari benjolan dileher. Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi dari suatu penyakit tertentu seperti infeksi tenggorokan, infeksi TBC, dan lupus. Jika anda mengalami benjolan dileher baik sakita atu tidak sebaiknya segera periksakan agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Baca juga : Benjolan Di Leher Disebabkan TBC Kelenjar

Resiko Operasi Benjolan Di Leher

Resiko Operasi Tumor Di Leher

Operasi yang dilakukan untuk benjolan dileher biasanya tergantung jenis operasinya, ada yang diangkat sebagian kelenjarnya atau juga diangkat total seluruh kelenjar tiroidnya. Resiko yang dapat muncul ketika operasi benjolan dileher yaitu : dapat menimbulkan gejala denyut jantung lambat, berat badan meningkat, tidak tahan suhu dingin, nyeri otot, kulit kasar, dan kelelahan. Selain itu, gejala yang lainnya yaitu wajah sembab atau bengkak, sembelit, sulit konsentrasi, gangguan psikis, penurunan libido. 

Proses penyembuhan luka membutuhkan waktu 3 minggu, namun proses pematangan luka dapat berlangsung lebih dari 1 tahun. Berikut adalah beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk membantu pemulihan agar lebih cepat :

  • Jaga kesehatan tubuh, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein yang bisa membantu penyembuhan luka dan regenerasi jaringan pada luka sayat
  • Melakukan perawatan luka yang baik, ganti balutan rutin sampai luka kering.
  • Menkonsumsi vitamin B12 (baik untuk kesehatan saraf)
  • Minum air putih yang banyak
  • Mengkonsumsi buah dan sayur
  • Konsumsi produk kaya omega 3 (minyak ikan, telur, ikan salmon)
  • Rajin berkonsultasi dengan dokter, konsultasi ke dokter di masa pemulihan pasca operasi ini penting untuk memeriksa kemungkinan komplikasi. Dokter juga nanti akan memeriksa adanya masalah atau tidak pada kondisi  secara keseluruhan, terutama di bekas luka operasi.

Demikian informasi tentang resiko operasi benjolan dileher semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *