Sakit Tenggorokan Disertai Benjolan Di Leher

Sakit Tenggorokan Disertai Benjolan Di LeherMempunyai keluhan tentang sakit tenggorokan yang disertai dengan benjolan pada leher?atau benjolan yang mirip dengan jerawat?apa saja penyebabnya?untuk lebih jelas mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Sakit Tenggorokan Disertai Benjolan Di Leher

Sakit tenggorokan adalah kondisi rasa nyeri, rasa gatal atau rasa perih yang dirasakan pada tenggorokan, sakit tenggorokan sendiri dapat diakibatkan karena virus. Selain disebabkan karena virus atau bakteri sakit tenggorokan juga bisa disebabkan karena udara kering dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Sakit tenggorokan dapat menyerang siapa saja termasuk anak, beberapa kemungkinan penyebab benjolan dileher yaitu :

  • Pembengkakan kelenjar getah bening, umumnya akibat adanya infeksi atau peradangan pada jaringan di sekitar leher dan kepala.
  • Kista (kantong berisi cairan).
  • Lipoma (benjolan berisi lemak).
  • Batu saluran kelenjar air liur.
  • Pembengkakan kelenjar tiroid atau sering dikenal dengan gondok, dan
  • Tumor.

Penyebab paling umum terjadinya benjolan yaitu adanya pembengkakan kelenjar getah bening, dimana benjolan tersebut akan mengecil dengan sendirinya bila tubuh sudah dalam keadaan sehat. Benjolan dileher juga dapat memungkinkan respon dari sakit tenggorokan yang sedang anda alami. Namun, jika benjolan jika benjolan tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu sebulan sebaiknya anda coba periksa kedokter untuk memastikan agar tidak terjadi bahaya dari benjolan tersebut.

Untuk melakukan penanganan benjolan pada saat sakit tenggorokan anda bisa mencoba perawatan dirumah yaitu dengan cara :

  1. Hindari untuk memencet atau mengurut benjolan karena bukannya malah sembuh tapi akan memperparah benjolan tersebut.
  2. Beristirahat dengan cukup dan konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang untuk memelihara dan menjaga daya tahan tubuh, seta perbanyak makan buah dan sayur.
  3. Hindari kelelahan fisik dan pastikan anda mengkonsumsi air putih minimal 2 liter dalam sehari.
  4. Konsumsi obat sesuai dengan anjuran atau petunjuk dokter, anda bisa mengkonsumsi obat sakit tenggorokan untuk meredakan sakit tenggorokan seperti paracetamol.
  5. Dengan menghindari sumber bakteri atau virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Demikian penjelasan tentang sakit tenggorokan yang disertai dengan benjolan dileher semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *